Selamat Menyambut Tahun Baru 2009…!

Desember 31, 2008

Hari ini, terakhir di 2008. Marilah kita songsong 2009 esok hari dengan penuh SEMANGAT!!
(Borong Terompet Mode: ON!)

Iklan

A Nice Little Gift

Desember 22, 2008

 

Stiker sudah nempel di 2920z

Stiker sudah nempel di 2920z, sayang fotonya tidak begitu jelas.

Hari itu Sabtu, 20 Desember 2008. Saya berada di Jogja, rencananya mau upgrade sodimm buat 2920z saya. Selain itu, saya mendapat tugas tambahan dari Pak Supriyanto Puslit untuk membeli Peta Rupa Bumi Pulau Laut Kalimantan Selatan di Pusat Pemetaan dan Informasi Kebumian (PPIK), yang berada di Ruko UGM No. 2, Jl.Agro Bulaksumur Yogyakarta.

Ternyata PPIK hari sabtu gini tutup, ya sudah, saya pun bergegas menuju beberapa toko komputer tuk hunting sodimm DDRII 2GB Corsair. Hasilnya? Tidak ada alias belum nemu. Adanya Kingston, itu pun harganya Rp 400-450 ribu. Ok, kalo begitu saya akan order dari salah satu toko online terpercaya, dimana Corsair dan kingston dijual sama yaitu $25 yaitu sekitar 280rb+ongkos kirim 25 ribu. Masih lebih murahlah.. dan yang penting saya dapat Corsair idaman saya.. 🙂

Next.. saya mampir ke Amplas (Ambarukmo Plasa), mo cetak foto. Setelah order cetak foto selesai rencananya mau pulang ke Klaten. Eh ternyata hujan kok ya makin deras.. ya sudah, saya pun naik ke lantai 4 dan memilih tempat duduk di dekat pojokan yang sepi (biar gak banyak keganggu orang yang lalu lalang), mengeluarkan laptop dan On Line lah saya dengan WiFi gratisan di Amplas, seperti biasanya..

Sambil mendengarkan musik menggunakan headphone, sekitar ½ atau 1jam kemudian tiba – tiba ada suara dari sebelah belakang kiri saya.. “Mas.., ini buat mas-nya..” sambil mengulurkan sesuatu. Saya pun terkaget dan reflek menerima secarik putih dari Mas-nya tadi. Saya kemudian membaca: Ada logo Ubuntu dan tulisan: Powered by UBUNTU Linux. Ouwh ternyata stiker.. saya kemudian menoleh ke kiri mencari Mas – Mas yang memberi saya stiker tadi. Lhoh.. masnya tadi mana yah? Kok udah gak ada.. atau sebenarnya masih ada di dekat saya tapi karena saya tadi gak ngeh siapa yang ngasih gitu.. maklum.. lumayan rame disitu.

Mungkin sih, masnya tadi lihat saya sedang OL pake Ubuntu, jadi dikasih deh itu stiker. Yaaah.. mas – mas… saya sih seneng bgt dikasih stiker. Tapi, kalo seandainya mas itu setelah ngasih stiker gak terburu – buru pergi, saya itu malah mau nanya..: “Masnya punya Ubuntu 8.10? saya mau mengcopy tuh CD duonk..”. Karena kok tumben, CD ship it saya kok belum nyampe – nyampe ke salatiga… Download? Koneksi lagi lelet bos..

So.. ini Mas.. stiker yang Mas kasih ke saya sudah saya tempel nih d Lappie saya.. Btw, tnx a lot yah. Hmmph.., a nice little gift for me… 🙂

Oh Iya.. hari ini hari Ibu yah? Selamat hari ibu untuk ibu maupun calon ibu dimanapun berada.., semoga semakin sayang dan disayang oleh keluarga masing – masing… 🙂


Versaveter: Konverter Unit Fisika Ringan & Free

Desember 10, 2008

Bingung menghitung konversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit? Atau mengubah kecepatan dari km/jam ke m/detik? Atau banyak konversi Unit Fisika yang lain?

Waktu SMU dulu kita sudah diajari untuk mengetahui prinsip dan cara perhitungan konversi Unit Fisika secara manual. Setelah tahu, maka kita perlu suatu tool yang bisa mempercepat kerja dan tetap dengan hasil yang akurat, terutama apabila dihadapkan pada deadline.

Salah satu tool favorit dalam mengkonversi satuan fisika, adalah Versaveter dari The PawPrint.network, yang terakhir update adalah 3.0.0.178 keluaran 10 Februari 2004. Sedangkan update Unit Data terakhir adalah 2.2.2.0 keluaran 7 November 2005 dan mendukung hingga 1097 Unit fisika.

Ringan, Mudah dan Freeware

Versaveter: Ringan, Mudah dan Freeware

Silahkan download paket .zip di sini dan silahkan dieksplorasi sendiri karena tool ini sangat mudah, ringan dan yang pasti freeware.

Saya adalah pengguna Versaveter ini mulai versi 1.5 ketika masih duduk di bangku kuliah dulu dan langsung familiar dalam aplikasinya. Mungkin freeware ini sudah banyak yang memakai, tetapi saya hanya ingin berbagi kepada teman – teman yang mungkin belum tahu dan membutuhkannya.


Idul Adha 1429 H

Desember 8, 2008

Kami semua di Balitgetas mengucapkan:

SELAMAT IDUL ADHA 1429 H

Jangan lupa berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

(Mode Bakar Sate Kambing: ON)


Survey Kesesuaian Lahan untuk Karet di Pulau Laut Kalimantan Selatan

Desember 4, 2008

Disclaimer: Akan ada banyak foto, please be patient.. 🙂

Sebuah perjalanan yang sungguh mengasyikan. Bayangan survey di hutan sekunder seluas ±5000 ha (yang kemudian menjadi 6850 ha) di pulau Laut 17 – 27 November 2008 berupa capek, menakutkan dan menjenuhkan ternyata tidak benar, kecuali capeknya.. selebihnya? FUN…!!

Tim survey dari Pusat Penelitian Karet – Tanjung Morawa Medan yang terdiri dari Ir.Suprianto (Puslit Tanjung Morawa), Priyo Adi Nugroho, SP (Kelti Tanah dan Pemupukan – Balit Sungei Putih), Ari Santosa Pamungkas, SP(Kelti Tanah dan Pemupukan – Balit Getas), Yushar (teknisi Tanah – Balit Sungei Putih) dan Legino Surip (teknisi Pemuliaan – Balit Sungei Putih).

Buku hariannya adalah sebagai berikut: Baca entri selengkapnya »